Alur Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase B (Kelas 3 dan 4 SD)

Sebelum saya membagikan file Alur tujuan pembelajaran (ATP) mata pelajaran Pendidikan agama Katolik, alangkah baiknya kita melihat bersama konsep dasar penyusunannya. Untuk menyusun ATP, guru harus terlebih dahulu mengerjakan Capaian pembelajaran (CP).

CP itu sendiri dimengerti sebagai kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada akhir setiap fase, mulai dari Fase  fondasi, fase A hingga fase F. Fase fondasi dicapai pada akhir PAUD, fase A untuk kelas 1 dan 2, fase B kelas 3 dan 4, fase C kelas 5 dan 6, fase D kelas 7 sampai kelas 9, fase E kelas 10 dan fase F untuk kelas 11 dan 12.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan rangkaian Tujuan Pembelajaran (TP) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran sehingga peserta didik dapat mencapai Capaian Pembelajaran (CP) tersebut. ini berarti bahwa setelah merumuskan TP, langkah sedlanjutnya ialah menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 

Gambar dari pixbay.com

Dalam menyusun ATP, guru bisa merancang sendiri dengan berpedoman pada CP. Selain itu guru dapat mengembangkan atau memodifikasi contoh yang sudah disediakan pemerintah atau pun yang dibagikan pada kesempatan ini.

Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan guru dalam menyusun ATP antara lain: 

  • Tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum bukan tujuan pembelajaran harian (goals, bukan objectives);
  • Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan;
  • Alur tujuan pembelajaran perlu dikembangkan secara kolaboratif, (apabila guru mengembangkan, maka perlu kolaborasi guru lintas kelas/tingkatan dalam satu fase. Contoh: kolaborasi antara guru kelas I dan II untuk Fase A;
  • Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran. Oleh karena itu sebaiknya dikembangkan oleh pakar mata pelajaran, termasuk guru yang mahir dalam mata pelajaran tersebut;
  • Penyusunan alur tujuan pembelajaran tidak perlu lintas fase (kecuali pendidikan khusus);
  • Metode penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit, dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran, pendekatan pembelajaran yang digunakan (misal: matematik realistik);
  • Tampilan tujuan pembelajaran diawali dengan alur tujuan pembelajarannya terlebih dahulu, baru proses berpikirnya (misalnya, menguraikan dari elemen menjadi tujuan pembelajaran) sebagai lampiran agar lebih sederhana dan langsung ke intinya untuk guru;
  • Karena alur tujuan pembelajaran yang disediakan Pemerintah merupakan contoh, maka alur tujuan pembelajaran dapat bernomor/huruf (untuk menunjukkan urutan dan tuntas penyelesaiannya dalam satu fase);
  • Alur tujuan pembelajaran menjelaskan SATU alur tujuan pembelajaran, tidak bercabang (tidak meminta guru untuk memilih). Apabila sebenarnya urutannya dapat berbeda, lebih baik membuat alur tujuan pembelajaran lain sebagai variasinya, urutan/alur perlu jelas sesuai pilihan/keputusan penyusun, dan untuk itu dapat diberikan nomor atau kode; dan
  • Alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP, bukan profil pelajar Pancasila dan tidak perlu dilengkapi dengan pendekatan/strategi pembelajaran (pedagogi).

Berdasarkan konsep dan pemahaman di atas, pada kesempatan ini akan dibagikan salah satu contoh ATP untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas 3 dan 4 atau fase B. ATP yang akan dibagikan ini hanya sebagai contoh atau pembanding. Bapak dan ibu guru agama katolik boleh mendownloadnya jika dianggap perlu atau pun bisa mengabaikannya jika dianggap tidak dibutuhkan. 

Sebagai guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik, saya berusaha membagikan ATP berdasarkan konsep yang saya pahami. Saya menyadari jika pemahaman saya tentang ATP dan Kurikulum Merdeka umumnya masih sangat terbatas. Kesadaran inilah yang mendorong dan memacu saya untuk terus belajar.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Katolik Fase B (kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar) selengkapnya bisa bapak dan ibu guru LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Semoga ATP yang dibagikan ini bisa memberi manfaat bagi bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alur Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase B (Kelas 3 dan 4 SD)"

Posting Komentar